Tuesday, July 17, 2018

Peran Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi (PATI) UMM dalam Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Khususnya Internet


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh




Dari tahun ke tahun teknologi selalu berkembang di berbagai aspek kehidupan, baik dari yang mikro hingga makro di seluruh belahan dunia. Hal ini dibuktikan dengan selalu munculnya temuan-temuan baru. Hampir seluruh
kegiatan manusia sehari-hari tak lepas dari teknologi. Mulai dari bangun tidur  menggunakan alaram, Masak menggunakan peralatan elektronik, hingga menjelang tidur manusia tidak lepas dari teknologi.
Salah satu teknologi yang perkembangannya pesat sekali adalah media elektronik khususnya Internet. Perkembangan ini menuntut kita agar tidak ketinggalan dalam menggunakannya. Dalam menggunakan internet tentunya tidak sembarangan, kita harus mentaati aturan-aturan dan kebijakan yang berlaku. Perkembangan media elektronik khususnya internet yang sangat pesat menyebabkan banyak terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang diakibatkan oleh pengguna internet yang tidak bertanggung jawab sehingga munullah istilah internet positif.
Internet positif merupakan istilah untuk aktivitas pembelokiran situs-situs yang membawa dampak negative. Hal ini dapat dikarenakan oleh beberapa factor situs yang mengandung konten berbahaya, melanggar hak cipta, sampai dengan melanggar hak cipta. Hal ini penting dilakukan agar terciptanya kenyamanan dan keamana dalam menggunakan internet.
Oleh karena kurangnya pemahaman dalam menggunakan internet terutama dalam pengaplikasiannya, perlu adanya pelatihan dalam menggunakan aplikasi internet. Nah, hal inilalah yang telah disadari oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sehingga mereka mengadakan kegiatan Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi (PATI) dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswanya khususnya Mahasiswa Baru (Maba). Dalam pelatihan ini akan diajarkan bagaimana menggunakan aplikasi-aplikasi serta dasar teknologi informasi sehingga diharapkan kedepannya teknologi khususnya internet dapat digunakan secara bijak. Pelatihan yang diberikan saat PATI meliputu istilah-istilah dalam internet, membuat artikel, blog, memanfaatkan fasilitas yang disediakan saat berinternet serta masih banyak lagi.
Nah, kesimpulannya adalah Pelatihan Aplikasi Tenologi Informasi (PATI) sangat penting dalam kemajuan teknologi karena tidak ada gunanya teknologi maju tetapi kearah yang negatif. Dengan adanya PATI tentunya diharapkan mampu menunjang serta menumbuhkan kesadaran dalam berinternet.
Sekian pemikiran saya mengenai Pentingnya PATI bagi Perkembangan dan Kemajuan teknologi khususnya teknologi Intenet. Semoga dapat bermanfaat J


وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wabarakatuh

No comments:

Post a Comment