Monday, July 16, 2018

Mengenal Daerah Sumbawa, NTB


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh



      Kali ini saya akan menyampaikan informasi mengenai daerah saya, yaitu Sumbawa.
Berbicara mengenai daerah Sumbawa sebenarnya tak cukup hanya dengan menulis di artikel seperti ini. Oleh karena itu,
untuk kesempatan kali ini saya hanya akan menyampaikan beberapa materi saja mengenai daerah Sumbawa, antaralain:

  • Sumbawa? Dimana Itu?
  • Keunikan Daerah Sumbawa
  • Budaya Daerah Sumbawa
  • Ciri Khas Daerah Sumbawa
Nahhh, setelah tau materinya. Sekarang mari kita jabarkan satu-persatu, check it out.

  1. Sumbawa? Dimana Itu?
ORL    : Orang Luar

ORL    : “Kamu dari mana?”
Me      : “Dari Sumbawa mas”
ORL    : “Sumbawa? Dimana itu?”

Nah, pertanyaan seperti itulah yang sering dilontarkan oleh orang-orang luar terutama selama saya berada di Pulau Jawa ini. Artinya masih banyak masyarakat yang belum tau dimana Daerah Sumbawa. Baiklah, saya akan mencoba menjawab.
Kabupaten Sumbawa adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Sumbawa Besar. Kabupaten ini terletak di sebagian besar bagian barat Pulau Sumbawa. Pulau Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau ini dibatasi oleh Selat Alas di sebelah barat (memisahkan dengan Pulau Lombok), Selat Sape di sebelah timur (memisahkan dengan Pulau Komodo), Samudra Hindia di sebelah selatan, serta Laut Flores di sebelah utara. Kota terbesarnya adalah Bima, yang berada di bagian timur pulau ini.
Pulau ini memiliki luas 14.386 km2, dan merupakan pulau terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat, serta salah satu dari dua pulau utama di provinsi tersebut. Titik tertingginya adalah Gunung Tambora (2.824 m), yang juga merupakan gunung api aktif. Nahh, lebh jelasnya saya akan memberikan gambar letak pulau Sumbawa.

P. Sumbawa




      2.      Keunikan Daerah Sumbawa 
            Berbicara masalah keunikan artinya kita mencari sesuatu hal yang menarik serta jarang ditemukan di daerah lain. Begitu pula dengan Sumbawa memiliki banyak sekali keunikan. Keunikan daerah Sumbawa yang paling menonjol terletak pada bidang Sumber Daya Alam (SDA) serta kulinernya.
              Air Terjun Mata Jitu, Pulau Moyo. Siapa yang tidak mengenal tempat yang satu ini. Mulai dari petenis asal Rusia Maria Sharapova, pesepak bola legenda David Beckham, hingga mendiang ratu kerajaan Inggris Lady Diana dan artis-artis lokal maupun luar negeri pernah mendatangi tempat yang satu ini. Air terjun yang bertingkat-tingkat serta airnya yang hijau dan dikelilingi pepohonan yang lebat menambah pesona tempat yang satu ini. Setelah pergi ke air terjun ini, saya bisa pastikan kalian bakalan pingin balik lagi kesini, kayak saya ini.

air terjun mata jitu
          Selain Air Terjun Mata Jitu, ada juga Pulau Bungin yang menjadi keunikan dari Daerah Sumbawa. Mengapa dikatakan unik? Karena pulau ini dijuluki sebagai Pulau terpadat didunia. Wahhhh, kok bisa dijuluki seperti itu? Bagaimana tidak, ukuran pulau bungin saja cuman 1,5 km2 tetapi yang mendiaminya sebanyak sekitar 4500 jiwa. Bayangkan saja, dalam satu meter persegi di dihuni sekita 30 orang. Padat banget yahh.
               Nahh, selain kedua hal unik tadi masih banyak hal unik lain dari segi SDA seperti 

  • Sumbawa terkenal sebagai daerah Padang Savana di Indonesia
  • Teluk saleh yang menjadi perairan  terkaya di dunia karena terdapat ribuan jenis biota laut
  • Susu Kuda liar
  • Negeri diatas awan, Mantar
               Dari segi kuliner terdapat banyak makanan yang tidak dapat dijumpai di daerah lain seperti:
  • Sepat
  • Gecok
  • Singang
  • Ayam Bakar Taliwang
  • Manjareal
  • Palumara
  • Palopo

            3.         Budaya Daerah Sumbawa

    Cukup banyak budaya yang terdapat di Daerah Sumbawa. Seiring berjalannya waktu serta pengaruh globalisasi banyak budaya Sumbawa yang mulai pudar. Akan tetapi, masih banyak juga budaya yang tetap dijalankan oleh masyarakat Sumbawa. Nah, adapun beberapa budaya Sumbawa yang masih dijalankan hingga saat ini antaralain:

  • Upacara Nyorong, merupakan alah satu prosesi pernikahan. Upacara nyorong ini di laksanakan setelah (lamaran). pihak laki-laki di terima oleh orang tua si wanita yang kemudan di teruskan dengan cara basaputis ( memutuskan ). Di dalam acara basaputis inilah di tentukan hari-hari baik untuk melaksanakan acara nyorong dalam sebuah prosesi pernikahan masyarakat samawa. Disini tau samawa hanya mengenal istilah nyorong meliputi barang yang diantar, orang yang mengantar dan pihak yang menerima.
  • Tradisi Alo Ko Ponan adalah kebiasaan masyarakat Sumbawa untuk memohon kesuburan hasil panen
  • Masyarakatnya menggunakan bahasa daerah yaitu Bahasa Samawa (Bahasa Sumbawa)
  • Bergotong Royong dalam bekerja serta memperhatikan aspek baik dan buruk, sesuai dengan semboyan daerah yaitu “SABALONG SAMALEWA” yang artinya membangun secara seimbang dan serasi antara pembangunan fisik material dengan pembangunan mental spiritual (Dunia dan Akhirat).
      4.            Ciri Khas Daerah Sumbawa
Daerah Sumbawa memiliki banyak sekali ciri khas dan berbeda dengan yang daerah lainnya. Sebut saja dari segi bahasa, mayoritas masyarakatnya menggunakan bahasa Samawa dalam berintraksi-sehari, dari segi makanan dan minuman masyarakat masyarakat Sumbawa lebih menyukai cita rasa yang pekat (tidak hambar) dan cendrung keasam-asaman serta kaya akan rempah-rempah, Masyarakatnya memiliki gengsi yang tinggi. Misalkan ada tamu yang datang ke rumah masyarakat Sumbawa tamu tersebut akan dijamu sebaik mungking apapun yang diberikan adalah yang terbaik sehingga dipandang tinggi oleh orang lain. Dari segi pariwisata lebih menonjolkan kekayaan alam daripada tempat wisata yang dibuat oleh manusia (seperti mall, gedung-gedung tinggi). Dari segi kerajinan  banyak menggunakan Seni Kelingking. Permainan musiknya menggunakan alat musik tradisional seperti Gong Genang, Serune, rabana. Istana Dalam Loka sebagai rumah adat masyarakat Sumbawa, serta masih banyak lagi.

Sekian materi mengenai Daerah Sumbawa yang bisa saya sampaikan untuk kali ini. Semoga informasinya bermanfaat.

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wabarakatuh


Sumber           :

No comments:

Post a Comment